.

Pengikut

Jumat, 16 November 2012

MATERI BAHASA INGGRIS

1. Kompetensi Dasar .       Mendengarkan
Memahami wacana transaksional ringan: Ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan dan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan  banner dan wacana berbentuk naratif.
b.      Berbicara
Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional: Ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan banner dan wacana berbentuk naratif.
c.       Membaca
Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalam teks tertulis berbentuk naratif.
d.      Menulis
Mengungkapkan nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar dalam teks tertulis berbentuk naratif.

  1. Indikator ( meliputi tindak bahasa, pembentuk wacana, sosiokultural, strategi dan    sikap)
  • Mendengarkan
ü      Merespon ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakan kemungkinan
ü      Mengidentifikasi mengusulkan, memohon,  mengeluh , menyatakan kemungkinan.
ü      Menggunakan ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakan kemungkinan dalam kontek yang benar.
ü      Merespon wacana monolog
  • Berbicara
ü      Mengidentifikasi ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan .
ü      Menggunakan ungkapan yang benar.
  • Membaca
ü      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika naratif.
ü      Mengidentifikasi makna gagasan.
ü      Mencari informasi rinci  dari wacana.
ü      Mengidentifikasi linguistic features
  • Menulis
ü      Mengidentifikasi kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaannya dan membenarkannya.
ü      Menulis gagasan utama.
ü      Membuat banner dan naratif.
ü      Merevisi dan menyunting.
ü      Menghasilkan teks banner dan naratif.
  1. Materi

1.      Contoh teks :
    1. Wacana dialog ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan
b.      Wacana monolog banner dan naratif.
2.      Linguistic features

  1. Pengalaman Relajar
1.      SIKLUS LISAN
a. Building knowledge of the field
§         Berlatih mengucapkan intonasi dan ejaan
§         Membahas tata cara mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan.
§         Membahas ungkapan-ungkapan mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan.
§         Sharing experience tentang fenomena alam atau tema lain yang akan muncul dalam teks naratif.
§         Memperkenalkan Gerund.
§         Memperkenalkan Participle
§         Review Gerund dan Participle
b.Modelling of the text
§          Mendengarkan percakapan transaksional : mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan.dari model guru dan siswa atau tape recorder
§          Mengidentifikasi siapa yang terlibat dalam percakapan
§          Mengidentifikasi isi percakapan
§          Membahas penggunaan tindak tutur dalam konteks
§          Mendengarkan teks monolog tentang narative
§         Diskusi tentang isi teks
§          Diskusi tentang struktur teks dan fungsinya: naratif.
§          Diskusi menyusun informasi dengan baik
§          Membahas fitur-fitur bahasa dalam teks
c. Joint Construction
§         Berlatih membuka percakapan dan merespon tentang mengusulkan, memohon, mengeluh , menyatakn kemungkinan
§         Berlatih merespon terhadap reason untuk memperpanjang percakapan
§         Berlatih menceritakan kembali isi percakapan yang didengar
§         Berlatih menceritakan isi monolog teks naratif
§         Berlatih membuat deskripsi tentang sesuatu secara lisan
d. Independent Construction
§       Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional ( dialog )
§       Bercerita tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca ( monolog )
§       Bercerita berdasarkan karangan siswa sendiri
§       Bermain peran dalam percakapan

II. SIKLUS TULIS
a.  Building the knowledge of the field
§         Membahas kosa kata yang akan muncul dalam teks monolog
§         Mengembangkan kosa kata dalam berbagai teknik
§         Menekankan kembali penggunaan lingustics features yang sudah dibahas di siklus lisan
§         Berlatih membuat kalimat yang sesuai dalam bentuk naratif
§         Membahas cirri-ciri banner dan narative
b. Modelling of the text
§         Membaca banner dan teks naratif
§         Menginterpretasi isi teks dan susunannya
§         Membahas unsur-unsur teks dan fungsinya
§         Membahas teks-teks lain dalam bentuk naratif
§         Membahas fakta,kosa kata dalam teks
§         Membahas linguistic features yang digunakan agar tercipta kohesi dan koherensi
§         Membaca nyaring
c. Joint construction
§         Merencanakan penulisan deskripsi dengan brainstorming berkelompok
§           Menyusun naratif dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks
§         Menyusun banner dan naratif konsep pertama
§         Berkonsultasi dengan guru dan teman
§         Membahas balikan dari guru dan teman
§         Memberikan balikan kepada teman
§         Menggunakan kamus
§         Memajang hasil tulisan
d. Independent construction
§         Merencanakan menulis sebuah banner dan teks naratif secara individu
§         Menentukan dengan guru tema apa yang akan ditulis
§         Menulis konsep pertama
§         Meminta balikan dari guru
§         Memperbaiki konsep
§         Menulis versi akhir
§         Memajang tulisan dalam bentuk banner dan naratif


 Kompetensi Dasar
a.       Mendengarkan
Memahami wacana transaksional ringan: Ungkapan kemungkinan,menyesal, mengeluh dan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk explanation.
b.      Berbicara
Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional: Ungkapan kemungkinan,menyesal, mengeluh atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacan berbentuk explanation.
c.       Membaca
Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalam teks tertulis berbentuk explanation.
d.      Menulis
Mengungkapkan nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar dalam teks tertulis berbentuk explanation.

  1. Indikator ( meliputi tindak bahasa, pembentuk wacana, sosiokultural, strategi dan    sikap)
  • Mendengarkan
ü      Merespon ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh
ü      Mengidentifikasi ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh
ü      Menggunakan ungkapan dalam kontek yang benar.
ü      Merespon wacana monolog
  • Berbicara
ü      Mengidentifikasi ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh.
ü      Menggunakan ungkapan yang benar.
  • Membaca
ü      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika explanation.
ü      Mengidentifikasi makna gagasan.
ü      Mencari informasi rinci  dari wacana.
ü      Mengidentifikasi linguistic features
  • Menulis
ü      Mengidentifikasi kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaannya dan membenarkannya.
ü      Menulis gagasan utama.
ü      Membuat explanation.
ü      Merevisi dan menyunting.
ü      Menghasilkan teks explanation.
  1. Materi
3.      Contoh teks :
a.       Wacana dialog ungkapan kemungkinan, menyesal dan mengeluh.
b.      Wacana monolog explanation
4.      Linguistic features
a.       Causative
b.      Subjunctive

  1. Pengalaman Relajar
5.      SIKLUS LISAN
a. Building knowledge of the field
§         Berlatih mengucapkan intonasi dan ejaan
§         Membahas tata cara menyatakan kemungkinan, menyesal dan mengeluh.
§         Membahas ungkapan-ungkapan menyatakan kemungkinan, menyesal dan mengeluh
§         Sharing experience tentang fenomena alam atau tema lain yang akan muncul dalam teks explanation
§         Memperkenalkan Causative.
§         Memperkenalkan Subjunctive
§         Review Causative dan subjunctive
b.Modelling of the text
§          Mendengarkan percakapan transaksional : menyatakan kemungkinan,  menyesal dan mengeluh
§         .dari model guru dan siswa atau tape recorder
§          Mengidentifikasi siapa yang terlibat dalam percakapan
§          Mengidentifikasi isi percakapan
§          Membahas penggunaan tindak tutur dalam konteks
§          Mendengarkan teks monolog tentang explanation
§          Diskusi tentang isi teks
§          Diskusi tentang struktur teks dan fungsinya: explanation.
§          Diskusi menyusun informasi dengan baik
§          Membahas fitur-fitur bahasa dalam teks
c. Joint Construction
§         Berlatih membuka percakapan dan merespon tentang menyatakan kemungkinan, menyesal dan mengeluh
§         Berlatih merespon terhadap reason untuk memperpanjang percakapan
§         Berlatih menceritakan kembali isi percakapan yang didengar
§         Berlatih menceritakan isi monolog teks explanation
§         Berlatih membuat explanation tentang sesuatu secara lisan
d. Independent Construction
§       Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional ( dialog )
§       Bercerita tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca ( monolog )
§       Bercerita berdasarkan karangan siswa sendiri
§       Bermain peran dalam percakapan

II. SIKLUS TULIS
a.  Building the knowledge of the field
§         Membahas kosa kata yang akan muncul dalam teks monolog
§         Mengembangkan kosa kata dalam berbagai teknik
§         Menekankan kembali penggunaan lingustics features yang sudah dibahas di siklus lisan
§         Berlatih membuat kalimat yang sesuai dalam bentuk explanation
§         Membahas cirri-ciri explanation
b. Modelling of the text
§         Membaca teks explanation
§         Menginterpretasi isi teks dan susunannya
§         Membahas unsur-unsur teks dan fungsinya
§         Membahas teks-teks lain dalam bentuk explanation
§         Membahas fakta,kosa kata dalam teks
§         Membahas linguistic features yang digunakan agar tercipta kohesi dan koherensi
§         Membaca nyaring
c. Joint construction
§         Merencanakan penulisan explanation dengan brainstorming berkelompok
§         Menyusun explanation dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks
§         Menyusun explanation konsep pertama
§         Berkonsultasi dengan guru dan teman
§         Membahas balikan dari guru dan teman
§         Memberikan balikan kepada teman
§         Menggunakan kamus
§         Memajang hasil tulisan
d. Independent construction
§         Merencanakan menulis sebuah teks explanation secara individu
§         Menentukan dengan guru tema apa yang akan ditulis
§         Menulis konsep pertama
§         Meminta balikan dari guru
§         Memperbaiki konsep
§         Menulis versi akhir
§         Memajang tulisan dalm bentuk explanation

Kompetensi Dasar
a.       Mendengarkan
Memahami wacana transaksional ringan: Ungkapan setuju dan tidak setuju dan atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk discussion.
b.      Berbicara
Mengungkapkan nuansa makna dalam wacana transaksional: Ungkapan setuju dan tidak setuju atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacan berbentuk discussion.
c.       Membaca
Memahami nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalan teks tertulis berbentuk discussion.
d.      Menulis
Mengungkapkan nuansa makna dan langkah-langkah pengembangan retorika yang benar dalam teks tertulis berbentuk discussion.

  1. Indikator ( meliputi tindak bahasa, pembentuk wacana, sosiokultural, strategi dan    sikap)
  • Mendengarkan
ü      Merespon ungkapan setuju dan tidak setuju.
ü      Mengidentifikasi ungkapan setuju dan tidak setuju.
ü      Menggunakan ungkapan kemampuan dalam kontek yang benar.
ü      Merespon wacana monolog
  • Berbicara
ü      Mengidentifikasi ungkapan setuju dan tidak setuju.
ü      Menggunakan ungkapan yang benar.
  • Membaca
ü      Mengidentifikasi langkah-langkah retorika discussion.
ü      Mengidentifikasi makna gagasan.
ü      Mencari informasi rinci  dari wacana.
ü      Mengidentifikasi linguistic features
  • Menulis
ü      Mengidentifikasi kata dan tanda baca yang tidak sesuai dengan ejaannya dan membenarkannya.
ü      Menulis gagasan utama.
ü      Membuat discussion.
ü      Merevisi dan menyunting.
ü      Menghasilkan teks discussion.
  1. Materi

5.      Contoh teks :
a.       Wacana dialog ungkapan setuju dan tidak setuju.
b.      Wacana monolog discussion.
6.      Linguistic features
a.       Direct/Indirect
b.      Elliptical sentences

  1. Pengalaman Relajar
5.      SIKLUS LISAN
a. Building knowledge of the field
§         Berlatih mengucapkan intonasi dan ejaan
§         Membahas tata cara menyatakan setuju dan tidak setuju.
§         Membahas ungkapan-ungkapan setuju dan tidak setuju.
§         Sharing experience tentang fenomena alam atau tema lain yang akan muncul dalam teks discussion.
§         Memperkenalkan Direct/Indirect
§         Memperkenalkan Elliptical sentences
§         Review Direct/Indirect dan Elliptical sentences
b.Modelling of the text
§          Mendengarkan percakapan transaksional : menyatakan setuju dan tidak setuju model guru dan siswa atau tape recorder
§          Mengidentifikasi siapa yang terlibat dalam percakapan
§          Mengidentifikasi isi percakapan
§          Membahas penggunaan tindak tutur dalam konteks
§          Mendengarkan teks monolog tentang discussion suatu masalah.
§          Diskusi tentang isi teks
§          Diskusi tentang struktur teks dan fungsinya: discussion.
§          Diskusi menyusun informasi dengan baik
§          Membahas fitur-fitur bahasa dalam teks
c. Joint Construction
§         Berlatih membuka percakapan dan merespon tentang menyatakan setuju dan tidak setuju
§         Berlatih merespon terhadap reason untuk memperpanjang percakapan
§         Berlatih menceritakan kembali isi percakapan yang didengar
§         Berlatih menceritakan isi monolog teks discussion
§         Berlatih membuat text discussion tentang sesuatu secara lisan
d. Independent Construction
§       Bercakap-cakap dengan teman untuk tujuan transaksional ( dialog )
§       Bercerita tentang sesuatu yang pernah didengar atau dibaca ( monolog )
§       Bercerita berdasarkan karangan siswa sendiri
§       Bermain peran dalam percakapan

II. SIKLUS TULIS
a.  Building the knowledge of the field
§         Membahas kosa kata yang akan muncul dalam teks monolog
§         Mengembangkan kosa kata dalam berbagai teknik
§         Menekankan kembali penggunaan lingustics features yang sudah dibahas di siklus lisan
§         Berlatih membuat kalimat yang sesuai dalam bentuk discussion
§         Membahas cirri-ciri discussion
b. Modelling of the text
§         Membaca teks discussion
§         Menginterpretasi isi teks dan susunannya
§         Membahas unsur-unsur teks dan fungsinya
§         Membahas teks-teks lain dalam bentuk discussion
§         Membahas fakta,kosa kata dalam teks
§         Membahas linguistic features yang digunakan agar tercipta kohesi dan koherensi
§         Membaca nyaring
c. Joint construction
§         Merencanakan penulisan discussion dengan brainstorming berkelompok
§           Menyusun text discussion dalam kelompok dengan memperhatikan struktur teks
§         Menyusun discussion konsep pertama
§         Berkonsultasi dengan guru dan teman
§         Membahas balikan dari guru dan teman
§         Memberikan balikan kepada teman
§         Menggunakan kamus
§         Memajang hasil tulisan
d. Independent construction
§         Merencanakan menulis sebuah teks discussion secara individu
§         Menentukan dengan guru tema apa yang akan ditulis
§         Menulis konsep pertama
§         Meminta balikan dari guru
§         Memperbaiki konsep
§         Menulis versi akhir
§         Memajang tulisan dalm bentuk discussion

0 komentar:

Posting Komentar